Selasa, 14 Agustus 2007

Pesantren Pertanian Darul Fallah ( PPDF)

Pesantren Pertanian Darul Fallah ( PPDF)
Sejarah

Berdirinya Pesantren Pertanian Darul Fallah ( PPDF ) sekitar pada tahun 1960, dengan luas lahan hektar yang di wakafkan oleh Bapak R.H.O Djunaedi. Pada saat itu susunan pengurus untuk pertama kalinya adalah sebagai berikut :
KH Sholeh Iskandar sebagai Ketua
KH Abdul Ghaffar Ismail sebagai Wakil Ketua
H Tabrani sebagai Sekretaris
RHO Djunaedi sebagai Anggota
PPDF dalam perjalanannya mengalami pasang surut oleh dinamika kehidupan sosial dan politik yang terjadi pada saat itu. Pendidikan dimulai pada tahun 1963 dengan sistem terpadu antara pendidikan pesantren dengan pendidikan pertanian. Ketika kejadian G 30 S/PKI pada tahun 1965, pesantren ditutup sementara dan dibuka kembali pada tahun 1968 dan menjadi Pesantren Pertanian 4 Tahun. Dipenghujung tahun 1980-an mulai dirasakan hubungan antara pemerintah dengan Darul Fallah, kerjasama dengan Departemen Tenaga Kerja , Departemen Koperasi, Departemen Kehutanan dan Departemen Agama.
Pada tahun 1994 Darul Fallah memasuki babak baru, dengan berdasarkan berbagai pertimbangan, maka Akte Pendirian Yayasan mengalami revisi dan pengurus yayasan disempurnakan. Langkah pertama dengan mengembalikan “image” Darul Fallah di mata masyarakat, kemudian merombak sistem pendidikan dengan orientasi tetap sesuai dengan cita-cita pendiri dan yang diamanahkan oleh Anggaran Dasar yayasan.
Alhamdulillah, langkah-langkah yang ditempuh oleh pengurus yayasan periode 1997-2001 sudah mulai terlihat hasil da perkembangannya.

Tidak ada komentar: